Beranda · Jelly Gamat QnC · Cara Pemesanan Jelly Gamat QnC ·

Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan

Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan

OKEZONE.COM Wanita sering mengalami masalah kesuburan yang tidak mereka sadari penyebabnya. Kesuburan seseorang tentu berkaitan dengan usia dan juga pola hidup mereka. Secara garis besar, ada 4 hal yang bisa membuat wanita menjadi tidak subur. Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan

Berikut 4 hal penyebab wanita menjadi tidak subur sebagaimana dikutip Timesofindia, Senin (23/5/2016).

Usia
Usia 20 sampai 30 tahun adalah waktu terbaik wanita untuk hamil. Karena, kesuburan mulai menurun setelah memasuki usia 35 tahun. Selain itu, setelah seorang wanita melewati usia 35 tahun, maka bayi mereka menghadapi risiko kelainan kromosom lebih tinggi.

Stres
Stres menyebabkan perubahan hormon yang tidak alami dan mempengaruhi aliran darah ke rahim, sehingga kesuburan bermasalah. Selain itu, kegagalan dalam hamil meski telah berulang-ulang berusaha juga menyebabkan stres.

Para peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Epidemiology juga menemukan bahwa efek negatif dari stres pada kesuburan benar terjadi karena faktor-faktor lain seperti usia, indeks massa tubuh, penggunaan alkohol, dan frekuensi hubungan seksual.

Obesitas
Obesitas dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kesuburan wanita. Obesitas dapat memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita, sehingga sulit baginya untuk hamil. Menjadi gemuk dan hamil pada saat yang sama juga dapat menimbulkan risiko kesehatan utama bagi ibu dan janin.

Terlalu kurus
Di sisi lain, terlalu kurus juga dapat menyebabkan masalah hormonal pada wanita, sehingga menyebabkan gangguan ovulasi. Menjadi terlalu kurus dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu, sehingga mengakibatkan ovulasi menurun. Karena itu, sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat untuk keselamatan ibu dan bayi.

Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan


Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Berikut beberapa Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan suami-istri, menurut Dr Sonia.

Banyak mengandung Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan untuk menjaga kesehatan sel, serta meningkatkan penyerapan asupan zat gizi dan memperbaiki sistem imun. Untuk pria, antioksidan dapat memperbaiki mutu sperma. Kekurangan vitamin C akan menjadi salah satu faktor penentu ketidaksuburan pasangan suami–istri. Sumber vitamin C antara lain pepaya, jambu biji lokal, belimbing, mangga, kedondong, nanas, rambutan, srikaya, dan stoberi.

Asam folat
Rendahnya kadar asam folat dalam darah berkaitan dengan rendahnya jumlah sperma pada pria. Sedangkan untuk wanita, asam folat sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Makanan yang mengandung asam folat, antara lain brokoli, asparagus, kol, sawi hijau, kacang panjang, taoge, tempe , kacang hijau, kacang merah, daging ayam, dan alpukat.

Vitamin E
Vitamin ini melindungi sel dari serangan radikal bebas sekaligus meningkatkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur, sehingga kehamilan lebih mudah terjadi. Sumber vitamin E, antara lain kenari, kacang mete, almond, kacang tanah, kuaci biji bunga matahari, alpukat, mangga dan brokoli.

Zinc
Zinc sangat berperan penting untuk metabolisme hormon, pembentukan, dan pergerakan sperma. Kekurangan seng dapat mengganggu pematang sel telur. Sumber seng antara lain kerang, daging, kepiting, dan beras merah.

Minyak biji flax (flaxseed oil)
Flaxseed oil dapat menyehatkan fungsi saluran rahim, sehingga bermanfaat untuk mengatasi kesuburan. Flaxseed oil dapat diperoleh di apotik atau toko obat.

Zat besi
zat besi banyak ditemukan di udang, kerang, tahu, daging, kepiting, kacang-kacangan kering, kismis, dan apricot. Zat besi membantu kelancaran pembuahan sel telur oleh sperma, sehingga bisa fatal akibatnya jika pasangan suami–istri kekurangan zat besi.

Vitamin B12
Asupan vitamin yang satu ini sangat penting untuk pasangan yang sedang merencanakan memiliki momongan segera. Menurut riset, kesulitan memperoleh keturunan erat hubungannya dengan keterbatasan kadar B12 dalam darah. Makanan yang banyak mengandung vitamin B12, antara lain yogurt plain (putih tanpa rasa), daging, tuna, kerang dan kepiting.

Likopen
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan likopen dapat meningkatkan jumlah sperma dan kegesitannya. Sumber likopen antara lain tomat merah (sebisa mungkin yang organik), semangka merah, papaya merah, jambu biji merah, stroberi, jeruk bali merah, delima merah.

Itulah beberapa Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan. Namun, ada baiknya jika kita pergi berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan kepastian tentang kesuburan kita. Kita juga harus tahu, bahwa ada juga makanan yang mengurangi kesuburan, seperti alkohol, gula, makanan olahan, dan kedelai.  Semoga informasi ini bermanfaat

Baca juga :

Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan sehat untuk menyuburkan kandungan"

Posting Komentar